Jumat, 14 September 2012

Abstrak Prinsip Modulasi

Posted by Unknown  |  at  22.35


Abstrak
Prinsip-prinsip dasar suatu modulasi digital yaitu DPSK, QAM, FSK, dan VSAM, prinsip-prinsip ini memiliki bit-bit yang bekerja pada setiap tugasnya dan memiliki pengertian masing-masing dari setiap prinsip-prinsip modulasi. Pada transmisinya memakai gelombang dan sinyal yang memiliki pengertian, tugas, dan rumus persamaan untuk menghitung persamaan-persamaan yang ada pada setiap gelombang atau sinyal.
Kata Kunci: DPSK, QAM, FSK, VSAM, Sinyal


Pendahuluan
Dalam sebuah pengiriman data, harus memiliki modulasi yang akan membawa data yang akan dikirimkan oleh sender kepada detination, dalam bentuk bit-bit yang ikut dalam media pengiriman, dari itupun akan muncul prinsip-prinsip dan tugasnya masing-masing yang akan diperjelas pada tulisan berikutnya.
Pembahasan
Prinsip-prinsip dasar suatu modulasi digital yang akan dijelaskan dibawah ini:

DPSK
DPSK yaitu bit-bit yang di transmisikan bedasarkan antara nilai bit sebelumnya dengan bit yang sekarang, yang neniliki informasi digital di dalamnya pada setiap bit-bit tersebut[1].
DPSK di pakai karena proses demodulasi carrier wave pada modulasi PSK sulit dilakukan dikarenakan proses yang memiliki frekuansi dan frase yang sama untuk menghasilkan carrier wave yang sama persis, maka dari itu di gunakan modulasi DPSK untuk memudahkan modulasi informasi tersebut.

QAM (Quadrature Ampltude Modulation)
QAM di peroleh dari gabungan antara modulasi amplitude dan modulasi frase yang lain yang di oprasikan pada laju 1200 bit/detik keatas[2]. aliran bit data dikelompokan menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 bit, yang memiliki usyarat pembawa pada frekuensi yang sama, tetapi salah satu isyaat itu mempunyai perbedaan fase sebilanpuluh drajat dengan yang lainnya.
FSK (Frequncy Shift Keying Frequency Shift Keying)
FSK yang memungkinkan gelombang untuk modulasikan dirinyadengan cara menggeser frekuensi output gelombang pembawa, atau pengiriman memalui pengesahan frekuensi[3]. harga-harga yang telah ditentukan semula dengan gelombang output ang tidak mempunyai fase terputus-putus adalah hal yang dapat dilakukan dalam pengesahan tersebut[4]. Dalam proses ini gelombang pembawa digeser ke atas dan ke bawah untuk memperoleh bit 1 dan bit 0.

VSAM  (Vestigial Sideband Amplitude Modulation)
VSAM merupakan suatu teknik Modulasi yang dapat terjadi antara teknik Modulasi Digital SSB dan teknik modulasi DSBSC[5]. Teknik Modulasi ini juga sebagai perantara agar setiap frekuensi berada pada jalur atau mengikuti jejak suatu side band dengan side band sebelumnya.
Sinyal dan Gelombanng dalam penghantar transmisi data yaitu :
Sinyal continue, Sinyal diskrit, Gelombang sinus, Gelombang periodic, Gelombang square wave,
Sinyal continue, Sinyal diskrit, Gelombang sinus, Gelombang periodic, Gelombang square wave tentu saja memiliki perbedaan antara modulasinya dan bentuk sinyal tersebut, berikut ini penjelasan sekaligus gambar dari sinyal-sinyal tersebut.

Sinyal continue adalah intensitas sinyal dalam sinyal ini memiliki bentuk yang berubah-ubah dalam bentuk halus sepanjang waktu[1]. dengan kata lain sinyal continue ini tidak memiliki sinyal yang terputus atau discontinue. Berbeda dengan sinyal continue yang memiliki bentuk intesitas yang berubah-ubah, sinyal discrate dimana memiliki bentuk intensitas yang konstan dalam arti kata selama beberapa periode waktu mempertahankan level intensitasnyam dan kemudian berubah konstan ke level yang lainnya. Lain halnya dengan gelombang sinus, gelombang sinus adalah representasi matematis dari sebuah sinyal analog, yang amplitudo variasi dengan waktu dalam pola yang dapat diwakili oleh kurva fungsi sinus[5]. Kalau gelombang periodic adalah suatu situasi dimana mengulangi gelombang secara bersekala, dan teratur. Yang terakhir adalah gelombang kotak, Gelombang kotak merupakan bentuk umum gelombang yang lain. Pada dasarnya gelombang kotak adalah tegangan yang dihidupkan dan dimatikan (kondisi high dan low) pada interval yang teratur.
 
Gambar 1

Gambar diatas adalah gambar sebuah gelombang continue. Yang memiliki persamaan sebagai berikut :
[1]  
Gambar 2

Gambar diatas adalah sebuah gelombang diskrit yang memiliki persamaan sebagai berikut : [5]
 
Gambar 3
Gambar diatas adalah sebuah gelombang sinus yang memiliki persamaan sebagai
berikut :[2]
 
Gambar 4
Gambar diatas adalah sebuah gelombang periodik yang memiliki persamaan sebagai  berikut :[2]
 

Gambar 5
Gambar diatas adalah sebuah gelombang kotak yang memiliki persamaan sebagai  berikut :[1]
Kesimpulan
Prinsip-prinsip dasar suatu modulasi digital yaitu DPSK, QAM, FSK, dan VSAM, Pada transmisinya memakai gelombang dan sinyal yang memiliki pengertian, tugas, dan rumus persamaan.
Daftar Pustaka
[1]. Roden, Martin S (1996) analog and digital communication system, fourth edition.Presentice-hall International ich. United Stated of America
[2]. Stalling, William (2004) data and computer communication, seventh edition. Presentice-hall international ich. United Stated of America
[3]. Wiley, simon haykin jhon (1989) an introduction to analog and digital  Communication. Sons ich. United Stated of America
[4]. LA, Pipes and, LR Harvill (1981) applied mathematics for engineers and physicists. McGrawHill International Book ich. United Stated of America
[5]. Dony, ariyus and,  Andri,rum (2008) komunikasi data. andi. Yog

referensi tambahan tentang teknik modulasi yang bisa sobat download langsung :
Modulasi 1
Modulasi 2 - Digital_Modulation_Techniques1
Modulasi 3
Modulasi 4 - oksitam3
Kuliah 5 Modulasi pulsa

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Tinggalkan komentar anda tentang semua tulisan yang ada di dalam blog ini...
n tinggalkan pula komentar anda pada buku tamu agar kami bisa mengunjungi blog anda jika anda seorang blogger...
trimakasih.. salam Belajar Multimedia

Subscribe
Get our latest posts directly in your email inbox.

Total Tayangan Halaman

Pengikut

back to top