Selasa, 14 Oktober 2014

Membuat Database Dengan Java

Posted by Unknown  |  at  08.59

Hallo sahabat Belajar Multimedia dah lama banget rasa nya gg pernah posting lagi, sebenarnya dh gg mood sih untuk posting kembali namun karna permintaan dari sobat kita smua yang ingin sekali mempelajari sedikit dari ilmu yang ada pada saya , sehingga membuat saya tergerak untuk meneruskan Blog ini ..
do'akan saja semoga kedepan nya saya bisa membuat sebuah pustaka online untuk para sobat semua agar saya semakin tertarik tuk mengupdate info maupun ilmu yang ada pada saya.

oke well to de point aja ya.
malam ini saya ingin share sedikit ilmu yang mungkin sobat sekalian jga sdah tau dan sudah bisa, namun tetap saya share karna msih bnyak sobat kita yang belom bisa dan ingin mempelajari materi ini, nah kali ini saya akan berbagi bagai mana membuat sebuah database dengan menggunakan JAVA.

silahkan disimak dan di bca semoga bermanfaat ilmu yang saya berikan dan berkah bagi para pembaca dan saya sendiri .

Bismillahirrahmanirrahim...


Langkah Dasar membuat sebuah Database Sederhana Menggunakan Java & MySql.
                            
1.      Instal NetBeans dan JDK.

2.      Instal aplikasi XAMPP untuk membuat database di Mysql.


3.      Buka XAMPP Control Panel Application, lalu aktifkan fungsi MySql pada XAMPP. Lihat Gambar.

4.      Buka Command Prompt
5.      Ketikkan Perintah Berikut :
Cd/ à cd xampp à cd mysql à cd bin àmysql –u root
                   Hingga muncul gambar seperti berikut ini :


6.      Kemudian lihat database dengan mengetikkan perintah :
Mysql > show databases;

7.      Buat sebuah database dengan nama “Coba”.
Mysql > Create database coba;

8.      Gunakan lah database yang telah kita buat untuk membuat sebuah table yang kemudian akan kita isi datanya. Lihat gambar :


9.      Copy kan driver Penghubung Java & MySql ke :
a.       C:/program Files\Java\jdk\jre\lib\ext
b.      C:/program Files\Java\jre\lib\ext

10. Kemudian buka NetBeans.

11. Buat Project KOMPONEN 1 dan JFrame Form dengan nama Belajar_Database . Setelah itu masukkan JLabel, JTextField dan JButton. Kemudian ubah Properties masing-masing komponen sesuai TABEL 
OBJEK
PROPERTIES
NILAI
JLabel1
Text
Nim
JLabel2
Text
Nama
JLabel3
Text
Alamat
JTextField1
Text
-
JTextField2
Text
-
JTextField3
Text
-
JButton1
Text
SIMPAN
JButton 2

EDIT
JButton 3

HAPUS
JButton 4

KELUAR


12. Buat Desain Frame seperti Gambar



13.      Penggunaan Event :
-          Klik pada “SIMPAN” à Event à Mouse à MouseClicked , ketikkan kode Program :

      



14. Penggunaan Event 
15. Klik pada “Edit” à Event à Mouse à MouseClicked , ketikkan kode Program 






Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

Subscribe
Get our latest posts directly in your email inbox.

Total Tayangan Halaman

Pengikut

back to top